Sebuah Strum Melalui 'Ukulele Sejarah
Dari Madeira ke Hawaii untuk San Francisco Bay
oleh John Raja dan Jim Tranquada
pada April 23, 1907-hampir satu tahun untuk hari setelah besar San Fransisco gempaJack London dan istrinya, Charmian, berlayar snark yacht London melalui Golden Gatemenuju Hawaii pada leg pertama pesiar keliling dunia diproyeksikan . Dua puluh tujuhhari kemudian, jatuh tempo dan takut hilang, snark yang tertatih-tatih kerumunan masa lalu dari simpatisan baik yang melapisi dermaga Honolulu Harbor. Hari berikutnya, MrsLondon memperhatikan seorang pria berkulit gelap muda memberikan surat dan dicatat saat ini dalam jurnalnya: "Hawaii pertama saya pada nya kesehatan asli." Namun, ia keliru, ia adalah totok Portugis. "Alack, saya Hawaii pertama adalahPortugis," keluhnya, "dan Jack adalah lucu."
Dari Madeira ke Hawaii untuk San Francisco Bay
oleh John Raja dan Jim Tranquada
pada April 23, 1907-hampir satu tahun untuk hari setelah besar San Fransisco gempaJack London dan istrinya, Charmian, berlayar snark yacht London melalui Golden Gatemenuju Hawaii pada leg pertama pesiar keliling dunia diproyeksikan . Dua puluh tujuhhari kemudian, jatuh tempo dan takut hilang, snark yang tertatih-tatih kerumunan masa lalu dari simpatisan baik yang melapisi dermaga Honolulu Harbor. Hari berikutnya, MrsLondon memperhatikan seorang pria berkulit gelap muda memberikan surat dan dicatat saat ini dalam jurnalnya: "Hawaii pertama saya pada nya kesehatan asli." Namun, ia keliru, ia adalah totok Portugis. "Alack, saya Hawaii pertama adalahPortugis," keluhnya, "dan Jack adalah lucu."
Charmian dan Jack London, Honolulu, 1907.
(Hawaii Arsip Negara)
emigrasi terorganisir dari Portugis ke Hawaii dimulai pada tahun 1878 dengan kedatangan 120 penumpang dari Madeira; dalam waktu sepuluh tahun, 11.000 Pokiki sebut Hawaii rumah-kebanyakan dari mereka direkrut sebagai buruh perkebunan gula.Ketika 423 pria, wanita, dan anak-anak turun dari Ravenscrag kapal Inggris pada 23 Agustus 1879 setelah perjalanan empat bulan dari Madeira, dua puluh lima tahun João Fernandes melancarkan perayaan dadakan, meledak lagu saat menemani dirinya sendiri dengan parang de Braga, sebuah gitar kayu pinus kerdil "dengan tanda skala [frets] semua jalan sampai ke [suara] dan dengan lubang kiri atas kasar untuk memperbaiki nadanya."
Pada saat kedatangan Ravenscrag itu, parang de Braga-lebih sering disebut sebagai parang-adalah alat musik paling populer di Madeira, sekelompok pulau kecil di lepas pantai Maroko. Digambarkan sebagai "biola Pequena," atau gitar kecil, oleh Raphael Bluteau pada 1716, parang pergi sebagian besar tidak diketahui sampai pertengahan abad kesembilan belas. "Parang adalah khas bagi [Madeira]," kata pengunjung Robert White pada 1851. "Ini adalah gitar kecil, dengan empat senar dari Catgut ... digunakan oleh kaum tani untuk menemani suara dan tarian. Musik terdiri dari serangkaian akord sederhana, tetapi, di tangan pemain berprestasi, parang mampu harmoni jauh lebih menyenangkan, dan orang asing itu kadang-kadang secara menyenangkan terkejut mendengar musik modis-kamar bola kita diberikan dengan cukup Akibatnya, pada apa yang tampaknya instrumen yang sangat signifikan. "
Candido Drummond de Vasconcellos (fl. 1841-188?) Itu hanya seperti pemain parang dicapai. Menurut surat kabar O Funchal Defensor, kinerja Drummond pada konser 1841 adalah "mendengarkan dengan perhatian terbesar" dan menerima Hebatnya "gemuruh tepuk tangan, pendapat umum adalah bahwa akan sulit untuk menemukan saingan untuk Mr Drummond.", musik Drummond bertahan, diawetkan dalam naskah parang dan duet gitar tanggal 1846 yang muncul di Madeira pada 1990-an.
Pada saat kedatangan Ravenscrag itu, parang de Braga-lebih sering disebut sebagai parang-adalah alat musik paling populer di Madeira, sekelompok pulau kecil di lepas pantai Maroko. Digambarkan sebagai "biola Pequena," atau gitar kecil, oleh Raphael Bluteau pada 1716, parang pergi sebagian besar tidak diketahui sampai pertengahan abad kesembilan belas. "Parang adalah khas bagi [Madeira]," kata pengunjung Robert White pada 1851. "Ini adalah gitar kecil, dengan empat senar dari Catgut ... digunakan oleh kaum tani untuk menemani suara dan tarian. Musik terdiri dari serangkaian akord sederhana, tetapi, di tangan pemain berprestasi, parang mampu harmoni jauh lebih menyenangkan, dan orang asing itu kadang-kadang secara menyenangkan terkejut mendengar musik modis-kamar bola kita diberikan dengan cukup Akibatnya, pada apa yang tampaknya instrumen yang sangat signifikan. "
Candido Drummond de Vasconcellos (fl. 1841-188?) Itu hanya seperti pemain parang dicapai. Menurut surat kabar O Funchal Defensor, kinerja Drummond pada konser 1841 adalah "mendengarkan dengan perhatian terbesar" dan menerima Hebatnya "gemuruh tepuk tangan, pendapat umum adalah bahwa akan sulit untuk menemukan saingan untuk Mr Drummond.", musik Drummond bertahan, diawetkan dalam naskah parang dan duet gitar tanggal 1846 yang muncul di Madeira pada 1990-an.
"Negara Musisi," dari A History of Madeira, 1821.
(Koleksi dari John King)
(Koleksi dari John King)
Daya tarik ini musik lain-pulau itu tidak hilang pada pendengar Hawaii kontemporer.Hampir dua minggu setelah kedatangan Ravenscrag, sebuah artikel berjudul "MusisiPortugis" muncul dalam Berita Hawaii:
"Selama seminggu terakhir sekelompok musisi Portugis, terdiri dari MadeiraKepulauan baru tiba di sini, telah memuaskan orang-orang dengan konser jalananmalam. Para musisi yang berkinerja benar pada instrumen aneh mereka, yang adalah semacam persilangan antara gitar dan banjo, tetapi yang menghasilkan musik yang sangat manis di tangan para pujangga Portugis. Kami mengakui setelah menikmatimusik diri kita dan berharap untuk mendengar lebih dari itu. "
Namun, sedikit lebih terdengar dari Madeirans, yang menurut ketentuan tiga tahunkontrak mereka dikirim ke perkebunan di pulau Hawaii, Maui, dan Kauai. PenumpangRavenscrag paling tidak kembali ke Honolulu sampai awal 1880-an, ketika merekakembali perdagangan mantan mereka sebagai "mekanik, tukang sepatu, atik dan segala macam" karena sedikit-jika ada-adalah agriculturists.
"Selama seminggu terakhir sekelompok musisi Portugis, terdiri dari MadeiraKepulauan baru tiba di sini, telah memuaskan orang-orang dengan konser jalananmalam. Para musisi yang berkinerja benar pada instrumen aneh mereka, yang adalah semacam persilangan antara gitar dan banjo, tetapi yang menghasilkan musik yang sangat manis di tangan para pujangga Portugis. Kami mengakui setelah menikmatimusik diri kita dan berharap untuk mendengar lebih dari itu. "
Namun, sedikit lebih terdengar dari Madeirans, yang menurut ketentuan tiga tahunkontrak mereka dikirim ke perkebunan di pulau Hawaii, Maui, dan Kauai. PenumpangRavenscrag paling tidak kembali ke Honolulu sampai awal 1880-an, ketika merekakembali perdagangan mantan mereka sebagai "mekanik, tukang sepatu, atik dan segala macam" karena sedikit-jika ada-adalah agriculturists.
Iklan untuk Madeira Anggur, Pasifik Komersial Pengiklan 30 Agustus 1879. (HawaiiState Library)
antara yang pertama untuk menetap di Honolulu adalah cabinetmakers Augusto Dias(1842-1915), Manuel Nunes (1843-1922), dan Jose jangan Espirito Santo (1850-1905).Dengan 1886, ketiganya telah membuka toko mebel dan membuat instrumen senar, termasuk gitar, lima-string rajãoes, dan parang-dua terakhir disebut sebagai talas-patch biola. Dalam Dias tiga tahun, Nunes, dan Espirito Santo akan menciptakaninstrumen hybrid yang menggabungkan ukuran kecil dan angka delapan bentuk tubuhparang dengan tuning "my-anjing-memiliki-kutu" (sans string yang kelima) dari rajão. Itu disebut ukulele.
antara yang pertama untuk menetap di Honolulu adalah cabinetmakers Augusto Dias(1842-1915), Manuel Nunes (1843-1922), dan Jose jangan Espirito Santo (1850-1905).Dengan 1886, ketiganya telah membuka toko mebel dan membuat instrumen senar, termasuk gitar, lima-string rajãoes, dan parang-dua terakhir disebut sebagai talas-patch biola. Dalam Dias tiga tahun, Nunes, dan Espirito Santo akan menciptakaninstrumen hybrid yang menggabungkan ukuran kecil dan angka delapan bentuk tubuhparang dengan tuning "my-anjing-memiliki-kutu" (sans string yang kelima) dari rajão. Itu disebut ukulele.
Advertisements for Dias and Nunes “machets,” O Luso Hawaiiano, August 15, 1885. (Hamilton Library, University of Hawaii)
crafted from the indigenous Hawaiian wood Acacia koa, the ‘ukulele made its debut in Island society during a party aboard the British yacht Nyanza at Honolulu in 1889, introduced by a trio of young women that included Princess Victoria Kaiulani. Due in part to royal patronage (Kaiulani’s uncle, King Kalakaua, was also a player) and the association of koa wood with aloha aina or love of the land, the ‘ukulele quickly assumed a Hawaiian character and an unprecedented popularity with the native population.
The identities of the first ‘ukulele players are mostly unrecorded, submerged within anonymous groups like “the Hawaiian Quintette Club” and “the famous Taro-Patch Quartette.” Nevertheless, the names of William Aeko (fl. 1893-1915), Mekia Kealakai (1867-1944), and Ernest Kaai (1881-1962) have surfaced as early proponents of Hawaiian music and the ‘ukulele. They were performers (Kealakai and Kaai were also teachers) with lengthy careers who played important roles in the spread of popular Hawaiian culture.
Ernest Kaai, from The Ukulele: A Hawaiian Guitar and How to Play It, Revised Edition,1910, Wall, Nichols, Co., Honolulu.
(Collection of John King)
Penulis Charles Warren Stoddard secara khusus diambil dengan musik yang dia dengar di mana-mana di Honolulu. "Hawaii adalah penuh semangat menyukai musik," tulisnya, apakah itu "dentang labu ... dipukuli oleh telapak tangan biadab," pengalihan "pasukan trobador memetik ukuran staccato," atau "Profesor Berger dan pemuda cerdasnya asli" - Henry Berger (1844-1929) dan Band Hawaii Royal. Berger dan musisi nya berlayar ke San Francisco pada 1883 untuk tampil di konklaf tiga tahunan dari Ksatria Templar, sebuah acara yang juga akan mencakup kinerja Daratan pertama tercinta Liliuokalani itu Setelah seminggu melelahkan, pertunjukan tanpa henti yang mencakup cahaya "Aloha Oe." klasik, pawai, lagu ballroom tari, dan rendition vokal capella dari "Hawaii Ponoi," Band Royal Hawaiian dinyatakan "favorit utama dengan rakyat" oleh San Francisco Chronicle. Selama empat puluh tahun masa jabatannya, Berger terus diperluas RHB dari akar bela diri untuk memasukkan string orkestra penuh, vokalis, dan klub yang gembira menyanyikan lagu-lagu Hawaii saat menemani diri pada gitar, banjo, dan 'ukuleles. Dalam tiga dekade mengikuti konklaf tiga tahunan, RHB yang merintis jejak untuk semua musisi-dari Hawaii San Francisco, sepanjang Pantai Barat, dan akhirnya di seluruh benua.
Yang paling awal daratan kinerja komersial dari musik Hawaii dengan ukulele 'berada di Pameran Kolumbia Dunia 1893 di Chicago. Para Cyclorama Kilauea menampilkan ulang penciptaan interior Kilauea Kawah, lengkap dengan kuartet vokalis yang mencakup William Aeko. Dijuluki Singers Volcano, mereka mendampingi diri dengan gitar Spanyol, lima-string taropatch, dan 'ukulele. Seiring dengan musisi, pameran seluruh dikapalkan barat ke San Francisco untuk dipamerkan di Pekan Raya Pertengahan Musim Dingin California pada 1894.
Musisi Hawaii sering dilengkapi penampilan mereka di pameran dunia dengan pertunjukan di panggung vaudeville. Setelah meninggalkan 1901 Pan-Amerika Pameran, rombongan Mekia Kealakai membuatnya barat jalan dari Buffalo, melakukan di sirkuit Vaudeville Keith, tur yang berakhir dengan pertunangan di San Francisco dan Los Angeles. Pada dekade pertama abad kedua puluh, pemain Hawaii juga terdengar di kota-kota seperti New York, Atlanta, Chicago, dan Atlantic City. Sebuah kwintet Hawaii bahkan terhibur Presiden Taft dan tamunya, Pangeran Tsai Tsao dari China, saat jamuan makan malam kenegaraan di Gedung Putih pada tahun 1910.
Yang paling awal daratan kinerja komersial dari musik Hawaii dengan ukulele 'berada di Pameran Kolumbia Dunia 1893 di Chicago. Para Cyclorama Kilauea menampilkan ulang penciptaan interior Kilauea Kawah, lengkap dengan kuartet vokalis yang mencakup William Aeko. Dijuluki Singers Volcano, mereka mendampingi diri dengan gitar Spanyol, lima-string taropatch, dan 'ukulele. Seiring dengan musisi, pameran seluruh dikapalkan barat ke San Francisco untuk dipamerkan di Pekan Raya Pertengahan Musim Dingin California pada 1894.
Musisi Hawaii sering dilengkapi penampilan mereka di pameran dunia dengan pertunjukan di panggung vaudeville. Setelah meninggalkan 1901 Pan-Amerika Pameran, rombongan Mekia Kealakai membuatnya barat jalan dari Buffalo, melakukan di sirkuit Vaudeville Keith, tur yang berakhir dengan pertunangan di San Francisco dan Los Angeles. Pada dekade pertama abad kedua puluh, pemain Hawaii juga terdengar di kota-kota seperti New York, Atlanta, Chicago, dan Atlantic City. Sebuah kwintet Hawaii bahkan terhibur Presiden Taft dan tamunya, Pangeran Tsai Tsao dari China, saat jamuan makan malam kenegaraan di Gedung Putih pada tahun 1910.
Anthony Zablan, Pan-American Exposition, Buffalo, New York, 1901.
(Hawaii State Archives)
kepentingan ukulele 'tumbuh dengan produksi Cendrawasih pada tahun 1911. Sebuah drama panggung diatur di Hawaii, Burung adalah karya dramawan Bay Area RichardWalton Tully dan Los Angeles impresariat Oliver Morosco; fitur yang paling menonjol adalah arus bawah yang terus menerus musik Hawaiian yang disediakan oleh kwintetmusisi asli yang disertakan Aeko. Drama tersebut dibuka di Broadway pada tahun 1912 dan menjadi sensasi, tur Amerika Utara, Eropa, dan Australia. "Tidak sampaiopera Tully, 'The Bird of Paradise' diproduksi," fonograf Edison Bulanan melaporkan, "bahwa musisi memberikan pemikiran serius untuk setiap [ukulele '] dan musik." Tapiitu adalah sebuah acara di San Francisco pada tahun 1915-yang memanfaatkanpopularitas Cendrawasih dan keberhasilan pelopor musik Hawaii seperti Aeko,Kealakai, dan Kaai-yang akan menghasut menggila di seluruh dunia untuk ukulele 'dan musik Hawaii.
Hawaii Pameran Komisi mulai tugas menyelenggarakan pameran Hawaii untukPanama-Pasifik Internasional Pameran di 1911, empat tahun sebelum dimulainyadiusulkan acara. Para komisaris memutuskan sebuah bangunan Renaissance Perancisdirancang oleh CW Dickey, seorang arsitek kelahiran Hawaii dari Oakland. Ruang utama diakomodasi akuarium diisi dengan ikan tropis yang menutupi tiga dinding; ".Penunggang Surf" meledak dari dinding keempat adalah kelompok patung oleh GordonUsborne berjudul Di tengah lorong "sebuah kwintet-tengah Hawaii telapak tangan danpohon pakis-bernyanyi pagi dan sore mereka, melodi aneh duniawi yang tampaknyanaik dan turun pada membengkak lama di Pasifik dan mengambil tempo mereka darimereka. "
Hawaii Pameran Komisi mulai tugas menyelenggarakan pameran Hawaii untukPanama-Pasifik Internasional Pameran di 1911, empat tahun sebelum dimulainyadiusulkan acara. Para komisaris memutuskan sebuah bangunan Renaissance Perancisdirancang oleh CW Dickey, seorang arsitek kelahiran Hawaii dari Oakland. Ruang utama diakomodasi akuarium diisi dengan ikan tropis yang menutupi tiga dinding; ".Penunggang Surf" meledak dari dinding keempat adalah kelompok patung oleh GordonUsborne berjudul Di tengah lorong "sebuah kwintet-tengah Hawaii telapak tangan danpohon pakis-bernyanyi pagi dan sore mereka, melodi aneh duniawi yang tampaknyanaik dan turun pada membengkak lama di Pasifik dan mengambil tempo mereka darimereka. "
Yang kwintet (dan ikan) adalah hit, salah satu pameran paling populer di PPIE yang"Orang-orang siap untuk sensasi baru dalam musik populer," tulis sejarawan eksposisiFrank Morton Todd, "dan suara-suara manis dari Hawaii Anda mendengar di GedungHawaii ... sudah cukup untuk memulai lagi mode musik." Berbasis di San FranciscoSherman , Clay & Co pun meliriknya, menyebut diri mereka "yang 'dealer ukulele di dunia dan iklan Hawaii buatan terbesar"' ukuleles dan pelajaran gratis mulai Mei 1915.Pengunjung ke P.P.I.E. juga bisa membeli 'ukuleles, taropatches, dan lainnya koa antikkayu dari konsesi pemenang penghargaan Yunus Kumalae. Pada Hari Thanksgiving,San Francisco Chronicle melemparkan sebuah pesta untuk "penghuni Rumah Sakit Anak dan Home Pertolongan," dengan musik oleh musisi Hawaii dari Studios Keech, yang dimiliki oleh kelahiran Hawaii saudara Alvin dan Kelvin Keech. Ketika pengusahaHenry Ford dikunjungi, ia begitu terpesona oleh musik Hawaii dia menyewa kwintetrumah untuk datang ke Detroit ketika PPIE yang berakhir pada bulan Desember 1915 untuk bermain untuk Perusahaan Ford peristiwa Bermotor seluruh Midwest. Imp sudah keluar dari botol ...
Jonah Kumalae. (Hawaii State Archives)
bulan itu, Jack dan Charmian London kembali ke Hawaii kapal kapal Great Northern-perjalanan yang menampilkan hiburan Hawaii diberikan oleh Studios Keech.Pada perjalanan pertamanya ke Hawaii pada 1907, Jack London menyamakan 'ukuleleuntuk "gitar muda"; setelah itu, ia menyebutkan instrumen sering dalam cerita Hawaiidan bahkan presaged mania daratan yang akan datang untuk' ukulele dalam novelnya The Valley of Bulan. Di Honolulu, pada hari terakhir kunjungannya, London dipestakanpada luau perpisahan dengan mele (lagu) mengatakan ziarah di sekitar Big Island."Kami telah mengumpulkan teman-teman kita
untuk pembaptisan London Jack Hula,"Charmian kemudian menulis, "teriak bait oleh bait, masing-masing diulang oleh ErnestKaai dan penyanyi yang sempurna Hawaii dengan instrumen mereka. Setiap baitpanjang,
membawa sebuah insiden dari kemajuan sekitar Hawaii, ditutup dengan dua baris:
Hainaia mai ana ka puana,
Tidak ada Keaka Lakana NEIA inoa.
"Lagu ini kemudian bergema,
'Tis untuk menghormati Jack London. "
***
Tidak ada Keaka Lakana NEIA inoa.
"Lagu ini kemudian bergema,
'Tis untuk menghormati Jack London. "
***
Artikel ini ditugaskan oleh Stephen Becker, kurator dari "Evolusi Ukulele ': Kisah KutuHawaii Jumping" Pameran yang berlangsung dari 2 Agustus - 21 Oktober, 2007 diMuseum Kerajinan dan Seni Rakyat di San Francisco, CA. Ini pada awalnya diterbitkandi website MOCFA.
© 2007 oleh John Raja dan Jim Tranqauda.
Semua gambar dikumpulkan, didigitalkan dan © 2007 oleh John King.
© 2007 oleh John Raja dan Jim Tranqauda.
Semua gambar dikumpulkan, didigitalkan dan © 2007 oleh John King.
Sumber: http://www.nalu-music.com
ConversionConversion EmoticonEmoticon